7 Manfaat Company Profile untuk Mendukung Aktivitas Pemasaran

Pentingnya Company Profile Bagi Kemajuan Bisnis Anda – Persaingan dalam bisnis membuat orang-orang yang terlibat di dalamnya memikirkan berbagai cara agar perusahaan dapat bertahan bahkan lebih jauh lagi menjadi pemimpin pasar. Meski anda mungkin sering mendengar pentingnya kolaborasi di atas persaingan, namun demikian, anda tak bisa menampik kenyataan bahwa kompetisi dalam pasar akan selalu ada.

Satu cara yang bisa anda lakukan untuk memenangkan kompetisi yakni membuat company profile yang meyakinkan. Company profile tak hanya sekadar dokumen yang menunjukkan penjelasan tentang perusahaan anda. Lebih dari itu, ia bisa menjadi sarana pemasaran yang mempunyai banyak manfaat yang akan anda ketahui di paragraf-paragraf selanjuntya.

Sebelum kita membahas lebih jauh, ada baiknya anda memahami pengertian/definisi company profile.

Perlu Desain Company Profile?

Percayakan desain company profile Anda pada Space Mediaworks

Apa itu Company Profile?

Bisa berbentuk dokumen cetak maupun digital, company profile menampilkan ringkasan informasi penting yang berkaitan dengan perusahaan anda. Adapun detail informasi yang terkandung dalam company profile bervariasi tergantung pada institusi atau korporat yang membuatnya.

Deskripsi perusahaan biasanya juga ditampilkan secara ringkas pada website resmi. Ini bertujuan agar pihak-pihak berkepentingan seperti calon pembeli, regulator, investor potensial, maupun khalayak umum memiliki gambaran yang lebih spesifik tentang perusahaan. Keberadaan company profile tentu memberikan dampak positif karena dapat mempengaruhi persepsi orang yang membacanya.

Baca Juga: 5 Manfaat Brosur untuk Mendukung Pemasaran

Oleh sebab itu, anda perlu membuat company profile yang benar-benar merepresentasikan perusahaan dengan tepat. Selain ditampilkan di website, company profile dapat disusun dalam bentuk dokumen cetak maupun digital. Ini membuktikan bahwa company profile menjadi salah satu sarana promosi yang fleksibel.

Ia bisa diproses dalam bentuk cetakan atau digital dengan format PDF (portable digital file). Berkas PDF ini lebih efisien dibandingkan versi cetak yang bisa memangkas anggaran. Selain itu, company profile bisa juga dibuat dalam bentuk format video atau dikenal dengan video profile. Ini akan memerlukan proses yang lebih sulit dan panjang karena melibatkan beberapa proses mulai dari penyusunan konsep, pengambilan gambar, penambahan efek animasi hingga editing video.

Informasi dalam Company Profile

Agar profil perusahaan anda memberikan manfaat maksimal, anda perlu menyertakan beberapa informasi penting sebagai berikut:

  • Nama perusahaan beserta badan hukumnya,
  • Alamat kantor operasional,
  • Nomor kontak beserta alamat email dan website perusahaan,
  • Struktur organisasi perusahaan,
  • Nama pendiri/pemilik, mitra, afiliasi, dan rekan,
  • Nama eksekutif penting, tim manajemen, dan anggota dewan direksi,
  • Riwayat/sejarah berdirinya perusahaan,
  • Visi dan misi perusahaan,
  • Cakupan dan aktivitas pekerjaan secara keseluruhan,
  • Produk/layanan yang ditawarkan beserta manfaat yang didapatkan,
  • Data-data statistik yang berkaitan dengan perusahaan termasuk aspek finansial, aset mayor dan keuntungan,
  • Tujuan jangka pendek dan panjang perusahaan,
  • Dokumen yang menunjukkan legalitas perusahaan,
  • Pencapaian atau penghargaan yang pernah diraih,
  • Kinerja perusahaan di masa lalu dan sekarang serta proyeksi di masa depan.

Pentingnya Company Profile dalam Bisnis

1. Memberikan gambaran perusahaan secara jelas

Sebuah perusahaan yang telah lama berdiri mungkin tidak begitu dikenal oleh orang kecuali pihak internal. Apa sebabnya? Hal ini bisa terjadi karena perusahaan tersebut tidak pernah mempublikasikan dirinya lewat company profile.

Mungkin mereka menganggap bahwa tanpa adanya company profile, perusahaan masih dapat eksis. Pola pikir seperti ini tentu bisa menimbulkan persepsi buruk dalam benak orang. Publik tak akan pernah tahu mengapa perusahaan ini harus ada.

Di sisi lain, sejarah perusahaan bisa saja terkubur, hilang tanpa bekas karena tidak ada catatan atau dokumen yang menulisnya. Padahal, company profile merupakan salah satu aset penting yang menjadi saksi perjalanan hidup perusahaan dari masa ke masa.

Calon investor yang tadinya berniat menanamkan modal akan mengurungkan niatnya karena perusahaan tidak mempunyai company profile yang representatif. Sementara itu, calon karyawan akan ragu untuk melamar pekerjaan karena khawatir dengan masa depannya.

Manfaat kegunaan fungsi company profile sarana media promosi pemasaran bisnis
Ilustrasi | Foto: Unblast.com

2. Menunjukkan kualitas dan reputasi perusahaan

Tidak masalah apakah perusahaan anda masih relatif baru atau sudah berdiri lama, anda tetap membutuhkan company profile. Apalagi jika anda memutuskan untuk memanfaatkan pemasaran digital di mana korespondensi lewat email atau aplikasi instant messaging memegang peranan penting. Demikian juga ketika anda harus bertemu langsung dengan calon investor atau pelanggan potensial, company profile harus ada di tangan anda.

Anda tak akan bisa mendapatkan klien tanpa adanya company profile yang mengesankan. Memaksakan diri dengan mengirimkan company profile yang dibuat asal-asalan jelas bukan merupakan pilihan.

Cara paling bijak yang bisa anda lakukan yakni dengan menggunakan jasa desain company profile yang mengerti cara terbaik untuk meyakinkan calon pelanggan. Karena bagaimanapun juga, reputasi dan kualitas perusahaan akan tercermin dari bagaimana cara anda mempresentasikannya.

3. Meningkatkan kepercayaan audiens

Kesan pertama sangat krusial dan menentukan. Apa yang terjadi jika ada seorang berpakaian lusuh dan acak-acakan dengan muka masam dan tatapan tajam menyeramkan langsung nyelonong tanpa permisi, berjalan mendekati meja kantor anda?

Kemungkinan besar yang terjadi, anda akan segera menjauh atau memanggil sekuriti untuk mengusirnya pergi. Lain ceritanya, jika anda bertemu dengan orang dengan pakaian rapi dan sopan disertai tatapan hangat dan senyuman ramah. Anda tentu akan lebih terbuka dan segera mempersilakannya untuk duduk.

Ilustrasi di atas menggambarkan perbandingan antara company profile yang dibuat secara serampangan dengan yang didesain semenarik dan sebagus mungkin. Desain company profile yang menarik jelas akan lebih efektif karena kemampuannya dalam mempengaruhi kepercayaan orang. Untuk melakukan itu, dibutuhkan lebih dari sekadar tampilan visual yang menarik tapi juga pembuatan copy writing yang persuasif.

4. Sebagai sarana pemasaran

Dalam hal aktivitas pemasaran, anda membutuhkan sejumlah perangkat pendukung. Company profile dapat menjadi sarana promosi yang efisien karena formatnya bisa cetak maupun digital. Dengan menyertakan company profile, orang akan lebih percaya dengan proposal bisnis yang anda ajukan. Ini akan berbeda hasilnya jika anda hanya mengirimkan daftar harga (price list) saja.

Peran penting company profile akan semakin terlihat ketika perusahaan anda mengikuti event semacam pameran dagang (trade show). Pada acara sepeti itu, ada potensi besar bahwa anda akan bertemu buyer secara langsung. Di saat itulah, anda bisa mengandalkan company profile yang bisa jadi bahan pertimbangan bagi calon pembeli.

5. Mendorong terjadinya penjualan

Segala kegiatan pemasaran pada akhirnya bermuara pada upaya untuk meningkatkan penjualan. Memang, company profile tidak serta merta membuat orang membeli pada saat itu juga. Namun demikian, company profile dapat disimpan dan dijadikan bahan pertimbangan sebelum orang melakukan pembelian.

Lagipula, pemasaran mempunyai tujuan jangka panjang yang bisa dicapai melalui media seperti company profile. Ini juga akan meningkatkan sales funnel di mana orang membeli karena berbagai alasan termasuk memperoleh informasi yang cukup dari company profile.

Baca Juga: 7 Manfaat Blog Bagi Bisnis, Bisa Menunjang Pemasaran Online

6. Memperluas jaringan dan relasi bisnis

Kegiatan bisnis tak hanya melibatkan antara perusahaan dengan konsumennya. Perusahaan juga perlu menjalin kerja sama dengan yang lainnya untuk melancarkan operasi bisnis. Kerja sama ini kita kenal dengan istilah business to business (B2B).

Agar proses pengajuan kerja sama dapat berlangsung dengan baik, anda membutuhkan company profile. Langkah ini sangat disarankan apalagi ketika anda berhubungan dengan korporat lain yang belum pernah melakukan kerja sama sebelumnya.

Perusahaan lain tentu memerlukan sejumlah pertimbangan sebelum memutuskan untuk bekerja sama. Salah satunya, anda harus mempunyai kejelasan tentang latar belakang perusahaan beserta layanan dan track record-nya. Apabila anda sudah mempunyai sejumlah klien dan pekerjaan yang telah dilakukan, ini akan lebih memudahkan.

7. Menarik investor potensial

Bisnis membutuhkan modal untuk mendukung operasinya. Di sisi lain, tak semua pebisnis mempunyai kapital yang cukup untuk membiayai perusahaan. Oleh sebab itu, banyak pebisnis yang mencari investor yang bersedia untuk menjadi mitra dan memberikannya modal. Namun demikian, mencari investor bukanlah perkara mudah. Apalagi, jika anda termasuk pemain baru dalam bisnis.

Itulah kenapa, anda membutuhkan company profile yang akan membantu dalam pencarian investor. Jelaskan secara gamblang apa tujuan bisnis beserta potensi keuntungan yang akan didapatkan oleh kedua belah pihak. Tentu saja, investor akan lebih tertarik dan percaya apabila company profile anda mempunyai desain yang bagus dan copy writing yang meyakinkan. (Space Mediaworks)